Mengurangi Kepanikan Saat Persalinan dengan Operasi Caesar

Vat Giong Blog - Proses persalinan adalah salah satu momen paling mendebarkan bagi seorang ibu. Meskipun banyak yang merasa santai menjalani operasi ini, namun bagi yang baru pertama kali melakukannya tentu akan dipenuhi dengan rasa panik dan ketakutan. 

Operasi Caesar
Ilustrasi
Untuk itu, salah satu bentuk persiapan kehamilan dan persalinan yang harus dilakukan calon ibu adalah mempersiapkan mental dalam menghadapi operasi Caesar. Meski begitu, urusan kondisi fisik tak boleh di nomorduakan. Dengan persiapan yang matang, maka anda akan lebih rileks menjalani operasi Caesar.

Tips Mengurangi Panik Pra Operasi
Pertama, tentu mengikuti prosedur yang disarankan oleh dokter kandungan anda. Jangan sampai anda hanya mempersiapkan kondisi mental namun lupa dan lalai dengan prosedur yang berlaku. Untuk hal ini biasanya sebelum operasi caesar dilakukan, dokter akan meminta anda mengikuti serangkaian tes seperti misalnya tes darah, tes urin, tes jantung dan beberapa tes lainnya.  

Rangkaian tes kesehatan tersebut, berguna untuk menunjang kelancaran operasi Caesar anda. Selain itu juga memberikan informasi kepada tim medis secara lengkap terkait tindakan yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan kepada anda.

Tes darah misalnya, memiliki tujuan untuk mengetahui kadar hemoglobin dan juga golongan darah yang dimiliki. Tes ini secara sederhana dapat memberikan informasi terkait jenis darah anda sehingga dapat membantu ketika anda benar-benar membutuhkan tranfusi saat melakukan operasi.

Selain itu adalah berpuasa sebelum melakukan operasi. Hal ini tentu sudah tidak asing lagi bukan?Dokter biasanya akan meminta anda untuk melakukan puasa dengan durasi singkat yaitu selama 8 hingga 12 jam sebelum operasi caesar dilakukan. Operasi ini tentunya akan diinfokan kepada anda, jadi anda tak perlu takut dan khawatir yang berlebihan.

Kemudian yang tak kalah penting adalah memastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan telah siap. Pastikan semua perlengkapan mulai dari pakaian hingga hal-hal kecil dibawa ke rumah sakit, terutama barang yang dapat memberikan rasa nyaman pada anda.

Tidak perlu cemas dengan luka bekas operasi. Biasanya ketakutan seorang wanita adalah terkait dengan bekas luka setelah melakukan operasi Caesar. Padahal hal tersebut tentunya dapat dihilangkan dan tidak akan memberikan bahaya lainnya kepada anda.

0 Response to Mengurangi Kepanikan Saat Persalinan dengan Operasi Caesar

Posting Komentar