Bagini Cara Kerja dan Fungsi Power Supply Komputer

Vat Giong Blog - Power Supply merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki bentuk kotak dengan isian kabel – kabel yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan ke bagian perangkat keras komputer lainnya. Power Supply komputer umumnya terletak di bagian belakang atau di dalam casing komputer. Input Power Supply komputer dapat berupa AC atau arus bolak balik sehingga power supply harus merubah tegangan Ac menjadi arus searah atau DC. Power Supply komputer hanya dapat mampu menangani besaran listrik yang ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan watt.

Power Supply Komputer
Ilustrasi
Fungsi utama dari Power Supply komputer ialah sebagai penyuplai tegangan listrik langsung ke dalam komponen – komponen yang ada di dalam casing komputer. Selain itu power supply juga memiliki fungsi untuk mengubah tegangan AC atau arus bolak balik menjadi DC atau arus searah, power supply menjadi sangat penting dalam bagian komputer karena komputer hanya akan beroprasi dengan arus DC.

Power Supply komputer akan bekerja ketika tombol power pada casing komputer ditekan. Yang terjadi selanjutnya iaah Power Supply komputer akan melakukan pengecekan dan tes sebelum membiarkan sistem untuk start. Bila pengecekan atau tes sukses, Power Supply komputer akan mengirimkan sinyal khusus pada motherboard, hal ini biasa disebut dengan power good.

Power Supply memiliki banyak jenis konektor yang masing – masing memiliki fungsi yang berbeda. Meskipun beberapa kabel memiliki tegangan listrik yang sama, namun setiap konektor sudah dikelompokan berdasarkan fungsinya. Seperti Konektor 20/24 Pin ATX Motherboard yang digunakan untuk menghubungkan power supply unit atau PSU ke motherboard.

Jensi Power Supply Komputer :


Power Supply AT

Power Supply komputer jenis ini memiliki kabel power yang terhubung ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power yakni P8 dan P9. Kabel yang memiliki warna hitam dari kedua konektor harus bertemu tepat di tengah jika disatukan. Power Supply komputer saat ini memiliki tombol On/OFF yang dihubungkan langsung pada tombol casing. Jenis ini hanya dapat digunakan pada era komputer Pentium II. Untuk komputer Pentium III keatas sudah tidak lagi menggunakan Power Supply komputer jenis ini.

Ciri khas utama dari Power Supply komputer jenis AT ini ialah memiliki tombol On/Off manual. Ketika mematikan komputer atau shutdown kita harus menekan tombol pada CPU. Kabel daya yang terhubung ke motherboard terdiri dari 2 x 6 pin, dengan rata – rata daya dibawah 250 watt.

Power Supply ATX

Power Supply ATX merupakan jenis Power Supply komputer terbaru dan paling banyak dipakai saat ini. Perbedaan yang cukup mendasar dari Power Supply komputer jenis ATX dan AT ini terletak pada tombol powernya, bila jenis AT menggunakan switch, maka jenis ATS memiliki tombol untuk mengirimkan sinyak ke motherboard seperti tombol power yang dimiliki oleh keyboard.

Ciri utama dari power supply ATX ini memiliki satu set kabel spply ke mother boad dengan jumlah 20 pin atau 20 pin + 4 pin 24 pin + 4 pin atau 24 pin + 8 pin. Ketika melakukan shotdown CPU akan secara otomatis mati, terdapat konektor tambahan power SATA dengan daya yang lebih besar untuk memenuhi strandar komputer masa kini. Hal ini dianggap cukup dan lebih efisien dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Jenis Konektor Power Supply :

  • Konektor 20/24 Pin ATX Motherboard
  • ATX 4 Pin Connector
  • 4 Pin Peripherial Power Connector/Molex Connector
  • SATA Power Connector
  • Floppy Drive Connector/Berg Connector
  • 6 Pin PCI-E Connector


Itulah informasi seputar fungsi dan cara kerja dari Power Supply komputer, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik – baiknya serta dapat membantu untuk memberikan sedikit ilmu mengenai salah satu bagian dari perangkat keras komputer.

0 Response to Bagini Cara Kerja dan Fungsi Power Supply Komputer

Poskan Komentar