Negara-Negara Penghasil Obat Herbal

Vat Giong Blog -  Lebih dari 80% tanaman obat di dunia tumbuh di Indonesia. Di Indonesia diperkirakan terdapat 30.000 jenis tanaman, sedikitnya 7.000 jenis tanaman memiliki khasiat obat. Dari jumlah tersebut baru 1.200 jenis tanaman yang sudah dimanfaatkan untuk bahan-bahan baku obat-obatan herbal atau jamu. Lebih dari 40% penduduk mengandalkan khasiat dari jamu untuk menjaga kesehatan.

Obat herbal
Obat herbal
Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 menyatakan bahwa 59,12% penduduk Indonesia pernah meminum jamu dan 95,6% di antaranya merasakan manfaat minum jamu bagi kesehatan. Kalangan industri baru menggunakan 500 jenis tanaman obat sebagai bahan baku industri jamu. Jenis tumbuhan obat yang dibudiayakan petani baru 13 dari sekitar 283 jenis yang direkomendasikan oleh Badan POM


Berikut Negara penghasil herbal di dunia

1. China
WHO mencatat, 30-50% konsumsi kesehatan masyarakat di negara ini dialokasikan untuk ramuan herbal. Sejak 5.000 tahun silam, nenek moyang bangsa China meramu obat untuk mengatasi beragam penyakit.Catatan medis tertua ada dalam dua kitab kuno: Huang Di Nei Jing (Kitab Kaisar Kuning) dan Wai Tai Mi Yao (Resep Rahasia). Isinya cara menyembuhkan gangguan pencernaan, pernapasan, dan sistem reproduksi.Kitab tua yang paling terkenal adalah Kompendium Materia Media, yang diterbitkan pada 1590. Buku yang ditulis oleh Li Shizhen dan diteruskan oleh Zhan Xueim ini memuat 1.892 zat medis yang berguna dalam dunia pengobatan.

2. India
Ayurveda atau ilmu tentang kehidupan adalah sistem holistik kuno untuk mendiagnosis serta mengobati, sudah ada sejak 1.000 SM di India. Ayurveda mungkin merupakan sistem kedokteran tertua yang dikenal manusia. Ayurveda mementingkan konsep keseimbangan energi, kesatuan tubuh, pikiran, dan roh. Ada 8 cabang ayurveda, yakni kayacikitsa (penyakit dalam), salyacikitsa (anatomi dan bedah), salakyacikitsa (penyakit THT dan mata), kaumarabhryta (tulang), bhutavidya (healing), aganda tantra (toksikologi), rasayana (rejuvenasi), vajikarana (afrodisiak untuk laki-laki).

3. Korea
Pengobatan tradisional di negeri ginseng tidak bisa dilepaskan dari pengaruh China dan India. Sistem pengobatan tradisional di Korea dikenal dengan nama Korean Oriental Medicine (KOM) atau lebih populer dengan sebutan hangbang. Walau mendapt pengaruh besar dari pengobatan China, tetapi hangbang mengembangkan teknik khusus yang bersifat khas.Teknik-teknik itu adalah aturan pengobatan sasang (sasang constitutional medicine), Saam Scupunture, Herbal Acupunture, dan Korean Hand Acupunture.

4. Indonesia
Jika menyebut herbal, Indonesia adalah salah satu laboratorium tanaman obat terbesar di dunia. Sekitar 80% herbal dunia tumbuh di negeri ini. Indonesia memiliki sekitar 35 ribu jenis tumbuhan tingkat tinggi, 3.500 di antaranya dilaporkan sebagai tumbuhan obat. Nenek moyang kita memanfaatkan flora kekayaan alam itu dengan cerdas. Dikenal istilah jamu untuk menyebut ramuan dari tanaman obat. Jamu berasal dari bahasa Jawa Kuno, jampi atau usodo. Artinya penyembuhan menggunakan ramuan, doa, dan ajian.Pemanfaatan ramuan alam untuk tujuan kesehatan sudah ada sejak ratusan tahun silam. 

0 Response to Negara-Negara Penghasil Obat Herbal

Posting Komentar