Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sakit

Vat Giong Blog - Saat sakit, selazimnya beberapa makanan dihindari. Misalnya saat batuk dan flu tidak disarankan makan gorengan atau es. Sejumlah lainnya dinilai bisa memicu sakit perut.

Sakit
Ilustrasi
Berikut ini makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sedang sakit, seperti dilansir Womenshealth, Senin (30/1/2017).

1. Kopi
Ketika Anda memiliki maag atau sedang sakit perut, sebaiknya hindari kopi. Minuman yang bersifat diuretik ini tak hanya memicu Anda buang air terus menerus sehingga dehidrasi, tapi juga mengiritasi lambung.

Ahli penyakit dalam, Kristine Arthur dari Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California, mengatakan, kafein bahkan tidak boleh dikonsumsi saat Anda mengalami muntah atau diare. Keduanya dapat menyebabkan Anda kehilangan cairan. Plus, kafein dapat merangsang otot-otot di saluran pencernaan Anda dan membuat diare kian parah.

2. Es jeruk atau jus jeruk
Saat sedang batuk atau sakit tenggorokan, sebaiknya hindari minuman ini. Sepintas jeruk memang menyegarkan, tapi saat Anda sedang batuk atau sakit tenggorokan, asam sitrat pada kandungan jeruk hanya akan mengiritasi lapisan tenggorokan Anda yang sudah meradang," kata seorang profesor kedokteran integratif di Emory University, Taz Bhatia, MD.

3. Permen
Jelas, saat sakit Anda harus menghindarinya. Bukan tanpa alasan, gula dapat menekan kemampuan sel darah putih yang membantu kekebalan tubuh Anda dalam melawan bakteri, kata Arthur.

Coba saja, setelah beberapa jam mengemil kue, permen, atau sereal bergula, sistem kekebalan tubuh lemah. Akibatnya, kuman jadi mudah masuk tubuh. Arthur juga mengingatkan, permen dapat mengganggu saluran pencernaan yang mengakibatkan diare. 

4. Soda
Saat sakit perut, soda hanya akan membuat kondisi Anda semakin buruk. Seperti kopi, soda berkafein memicu dehidrasi. Dan kandungan gula yang tinggi menekan sistem kekebalan tubuh Anda, kata Arthur.

Jika air saja tidak cukup, cobalah minum air kelapa, kata Arthur. "Banyak pemanis buatan yang tidak bisa dipecah dan dicerna dengan baik sehingga dapat menyebabkan kembung, kram, dan bahkan diare."

5. Biskuit
Biskuit juga tidak disarankan saat batuk atau sakit tenggorokan. Kenapa? Karena tekstur yang kasar dari makanan ringan seperti keripik kentang, granola, atau bahkan roti renyah akan menyisakan gatal pada tenggorokan mentah.

"Semakin Anda mengiritasi tenggorokan Anda, semakin lama Anda sembuh dan memperpanjang penderitaan Anda," kata Bhatia.

6. Alkohol
Siapa pun yang memiliki masalah perut, tidak disarankan minum alkohol. Seperti kopi, minuman ini adalah diuretik yang dapat memperburuk dehidrasi, kata Arthur. Alkohol juga bisa memicu diare. 

7. Susu
Saat hidung tersumbat atau berlendir, Anda mungkin harus merelakan susu untuk sementara waktu. Meski hal ini banyak ditentang sejumlah ilmuwan, namun menurut Arthur, susu membuat dahak lebih tebal sehingga proses penyembuhan jadi lebih lama.

8. Gorengan
"Makanan berlemak butuh waktu lebih lama untuk bergerak dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat membuat mual parah dan memicu refluks asam," kata Bhatia. 

Gorengan juga memicu kejang otot di saluran usus yang memicu diare lebih buruk.

9. Makanan pedas
Saat flu dan hidung keluar ingus, sebaiknya hindari makanan pedas. Rasa pedas dan panas dari capsaicin dari cabai hanya akan membuat hidung terus berair. (liputan6.com)

0 Response to Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sakit

Poskan Komentar